Wednesday, December 23, 2009

Panduan Menarik dan mengirim Email dari Yahoo.com

E-mail merupakan salah satu bagian penting dari media Internet. Banyak sekali tersedia layanan email yang ada baik itu yang menyediakan Cuma-Cuma alias gratisan maupun berbayar . Yahoo adalah salah satu dari banyak sekali situs yang menyediakan layanan email tidak berbayar dan memiliki kapasitas yang sangat besar bahkan tak terbatas, info dapat dilihat di http://aa.overview.mail.yahoo.com/products/compare. Yahoo menyediakan juga layanan mail forwarding, proteksi terhadap virus, email spam, dan phising. Disamping itu email di Yahoo juga dapat dijadikan sarana alternative untuk membackup data kita. Dengan mengirimkan email kedalam mail server yahoo, secara tidak langsung data kita telah menjadi file backup dimana apabila terjadi kerusakan file data tersebut kita dapat tinggal mengunduhnya dengan menariknya dari mail server Yahoo.

Tidak berpanjang lebar, di kesempatan ini saya akan memberikan panduan untuk menarik dan mengirim Email dari Yahoo dengan menggunakan Ms. Office Outlook 2007 dan Ms. Office Outlook 2010.

Panduan Menarik dan mengirim Email dari Yahoo.com dengan Ms. Office Outlook 2007

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah anda perlu merubah setting Yahoo kedalam Wilayah local yaitu Yahoo Asia dan Time zonenya disesuaikan dengan wilayah waktu anda. Langkah-langkahnya : Masuk ke Account Yahoo, pilih Mail Option,

Selanjutnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Kemudian pilih Account Information, Pilih Pada Account Setting klik pada Set language, site, and time zone.

Pada Edit Member Information, Rubah setting Yahoo anda menjadi Yahoo! Asia, dan juga time zonenya, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Setelah selesai perubahan yang anda lakukan simpan perubahan tersebut dengan meng-klik tombol Finished.

Kembali kedalam menu Mail Option. Pilih Pop & Forwarding. Akan tampil menu seperti gambar dibawah ini.

Pada menu POP Access & Forwarding diatas, Web & POP Access [POP Setting], terdapat dua pilihan yaitu Web & POP Access [POP Setting] dan Forwarding. Pilih Web & POP Access [POP Setting] dimana pada pilihan ini terdapat juga dua pilihan yaitu apakah semua email anda akan download kedalam inbox pada Ms.Outlok 2007 termasuk email spam atau hanya menerima email yang bukan sebagai email sampah. Pada contoh ini saya memilih menarik semua email yang ada di Inbox yahoo. Pilihan yang kedua yaitu forwarding digunakan apabila setiap email yang masuk kedalam inbox yahoo anda akan di forward/kirim kembali ke email yang anda tentukan. Setelah selesai Klik tombol save.

Langkah berikutnya, aktifkan Ms. Outlook 2007, kemudian masuk kedalam Menu Tools, Account Setting, Pilih New..

Pada pilihan pembuatan account, checklist pada setting Manually configure Server, kemudian klik Next. Pilih Internet E-mail. Kemudian klik tombol Next.

Masukkan alamat email, password email yang anda miliki di Yahoo dan setting Pop3 serta smtp seperti contoh pada gambar berikut ini.

Setelah selesai klik tombol Next, Klik pada tab Outgoing Server, Checklist pada pilihan My Outgoing server (SMTP) requires authentication. Selanjutnya klik tab Advanced, Pada pilihan Server Port Numbers, masukkan alamat port POP3 yaitu 995, checklist pada encrypted connection (SSL) dan Outgoing Server (SMTP): 465.

Pada pilihan Use the following type of encryoted connection pilih SSL.

Apabila anda menghendaki email anda tetap ada didalam inbox Yahoo, checklist pada Leave a copy of messages on the server.

Terakhir klik tombol Ok untuk menyimpan konfigurasi. Lakukan test koneksi email dengan mengklik tombol Test Account Setting .

Apabila berhasil akan terlihat hasil seperti gambar berikut ini. Selamat!. Sampai disini anda telah selesai melakukan setting email pada Ms. Outlook 2007. Selanjutnya anda dapat memilih icon send and receive untuk menarik dan mengirim email anda.

No comments: